Sabtu, 07 November 2015

Pendataan KJP(Kartu Jakarta Pintar) di SDN Duri Kepa 13 Pagi Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (Pertemuan 2)










Kelas         : LA16
Dosen        : Tasman, S.Ag., M.Si (D5687)
Waktu       : 15 Oktober 2015
Pukul         : 9.30-11.30
Lokasi       : SDN Duri Kepa 13 Pagi Jakarta
                    Jl. Villa Tomang mas RT 02/10
                    Kelurahan Duri Kepa, Kebun Jeruk, Jakarta Barat

Tim yang Hadir   :
Ketua                    : Audrey Cecillia         (1701298011)
Anggota                :
1.      Aditya Septiani Wiwoho                    (1701309431)
2.      Catherine Valencia                              (1701303402)
3.      Daniel                                                  (1701292954)
4.      Daniel Gunawan                                 (1701302482)
5.      Novi Jayanti                                        (1701295281)
6.      Novitarina                                           (1701328304)
7.      Sri Esta Gunawan                               (1701307666)
8.      Yulia                                                   (1701293635)
Tim yang tidak hadir :  -

Dari kiri ke kanan
Daniel-Tia Septiani- Novi Jayanti-Yulia-Audrey Cecillia-Pak Cholid-
Pak Kepala Sekolah-Sri Esta Gunawan-Catherine Valencia-Novitarina-Daniel Gunawan

Setelah melakukan pendataan 8355, kami membuat janji lagi kepada pak Cholid untuk datang kembali pada hari Kamis, 15 Oktober 2015. Tujuan kami membuat janji adalah untuk melakukan pendataan KJP kepada siswa/i SDN Duri Kepa 13. Dan pada akhirnya ditentukanlah sebuah tanggal untuk melakukan interview terhadap siswa/i tersebut.
Dan tibalah hari dimana kami harus melakukan tanggung jawab kami untuk melakukan pendataan KJP. Belajar dari pengalaman minggu lalu, team kami mencoba untuk berkomitmen on time dan melakukan tanggung jawab masing-masing dengan baik. Dan pada hari tersebut, semuanya berjalan sesuai rencana. Seluruh team ikut untuk melakukan pendataan KJP. Setelah seluruh anggota berkumpul, tepat jam 8.00 kami berangkat dari BINUS menuju SDN Duri Kepa 13 untuk melakukan pendataan tersebut.
Perjalanan menuju SDN Duri Kepa 13 memakan waktu kurang lebih sekitar 20 menit. Sesampainya di SDN Duri Kepa 13 kami langsung menemui pak Cholid, tetapi karna beliau sedang ada urusan mendadak, maka kami menunggu kurang lebih sekitar 1 jam. Di sela-sela itu kami melakukan briefing tentang bagaimana cara mewawancarai yang baik. Karna yang kami wawancarai bukanlah oranng dewasa yang mudah mengerti apa yang kami tanyakan, tetapi murid sekolah dasar yang mungkin masih tidak mengerti apa yang kami bicarakan.
Kami belajar bagaimana cara menyampaikan pertanyaan tersebut agar dapat di mengerti oleh murid-murid SDN Duri Kepa 13. Setelah selesai melakukan diskusi, tiba-tiba seorang ibu paruh baya menghampiri kami. Ibu tersebut bertanya darimana kami dan apa tujuan kami datang ke SDN Duri Kepa 13. Kami pun menjelaskan siapa dan apa maksud kedatangan kami. Dan ibu tersebut menyampaikan bahwa ia datang ke SDN Duri Kepa 13 untuk mengurus KJP. Akhirnya kami pun mencoba untuk aktif mencari tau pengalaman ibu tersebut yang telah menggunakan KJP di sela waktu menunggu pak Cholid. Ibu tersebut menyampaikan bahwa ia sangat terbantu dengan adanya KJP, bahkan beliau sering menggunakan KJP untuk menaiki Bus TransJakarta.
Pada saat itu, banyak sekali orang tua murid yang datang untuk mengurus KJP. Kami pun berinisiatif untuk bertanya-tanya mengenai pendapat mereka, sekaligus untuk melatih keberanian kami untuk berbicara di depan orang yang tidak dikenal. Usai melakukan bincang-bincang, akhirnya Pak Cholid memanggil kami untuk segera melakukan pendataan KJP.
Pak Cholid memberikan kami ijin untuk melakukan wawancara pada murid kelas 3 dan kelas 4. Akhirnya kami membagi team kami menjadi 2 kelompok. 1 kelompok mewawancarai murid kelas 3, dan kelompok satunya mewawancari kelas 4. Kami pun masuk ke kelas dan menyapa murid-murid SDN Duri Kepa 13. Kami pun menyampaikan maksud kedatangan kami kepada mereka. Dan mulai melakukan wawancara kepada mereka yang mendapatkan kartu KJP.
Proses wawancara pun tidak dapat di bilang mudah. Kami berusaha sebaik mungkin agar pertanyaan yang kami lontarkan dapat mereka pahami dan mengerti. Sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan benar. Setelah wawancara selesai, kami pun mengucapkan terima kasih kepada anak-anak yang telah memberikan waktunya untuk di wawancarai. Kami pun berkumpul di sebuah tempat untuk mendata apakah anak-anak yang telah kami wawancarai ada dalam data penerima KJP. Setelah di periksa, ternyata ada seorang anak yang namanya tidak ada dalam data penerima KJP. Setelah di akumulasi, ternyata kami membutuhkan 7 siswa lagi untuk di wawancarai.
Kami pun menyampaikan pada pak Cholid bahwa kami membutuhkan sekitar 7 murid lagi. Karna pak Cholid ternyata sedang mengurusi kegiatan lain, kami pun harus bersabar menunggu beliau. Di sela-sela waktu menunggu, kami pun mengisi energi dalam tubuh kami. Kami membeli makanan yang dijual oleh pedagang-pedagang yang ada di sekolah SDN Duri Kepa 13. Seusai istirahat, Audrey dan Novi pun kembali menemui pak Cholid. Beliau menyampaikan bahwa kami dapat memanggil murid kelas 6 untuk melakukan wawancara.
Setelah mendapat ijin dari pak Cholid, Daniel dan Daniel Gunawan mendatangi kelas 6, dan meminta ijin kepada guru yang sedang mengajar agar mengijinkan beberapa muridnya kami wawancarai. Setelah mendapat ijin, kami pun mengarahkan ke 7 orang siswa ini untuk berkumpul di sebuah tempat untuk diwawancarai. Setelah selesai wawancara, kami pun menyampaikan terima kasih kepada anak-anak kelas 6 yang telah memberikan waktunya untuk diwawancarai. Dan tidak lupa kami pun mengucapkan terima kasih kepada ibu guru yang telah mengijinkan murid didiknya untuk diwawancara.
Kami pun segera melakukan pencocokan data siswa yang telah kami wawancarai, dan ternyata semua data tersebut cocok, dan data yang diminta pun telah terpenuhi. Kami pun sangat senang bahwa apa yang telah kami kerjakan saat itu tidak sia-sia. Seusai wawancara, kami pun mendatangi pak Cholid dan pak Kepala Sekolah untuk mengucapkan rasa terima kasih kami karna telah mengijinkan kami melakukan pendataan KJP di SDN Duri Kepa 13. Dan sebagai bukti laporan kami pun berfoto dengan pak Cholid dan pak Kepala Sekolah.

Dari kegiatan ini kami telah dilatih untuk lebih berkomitmen dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Kami pun mulai berani untuk berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal dan menjadi lebih aktif selama menjalankan tugas ini.

Form Evaluasi 2
Form Evaluasi 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar