Rabu, 04 November 2015

Pendataan data 8355 di SDN Duri Kepa 13 Pagi Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (Pertemuan 1)









Kelas         : LA16
Dosen        : Tasman, S.Ag., M.Si (D5687)
Waktu       : Jumat, 23 Oktober 2015
Pukul         : 09.00 – 11.30 WIB
Lokasi       : SDN Duri Kepa 13 Pagi Jakarta
                    Jl. Villa Tomang mas RT 02/10
                    Kelurahan Duri Kepa, Kebun Jeruk, Jakarta Barat

Tim yang Hadir   :
Ketua                    : Audrey Cecillia         (1701298011)
Anggota                :
1.      Aditya Septiani Wiwoho                    (1701309431)
2.      Catherine Valencia                              (1701303402)
3.      Daniel Gunawan                                 (1701302482)
4.      Novi Jayanti                                        (1701295281)
5.      Novitarina                                           (1701328304)
6.      Sri Esta Gunawan                               (1701307666)
7.      Yulia                                                   (1701293635)
Tim yang tidak hadir :  

1.      Daniel                          (1701292954)

Dari kiri ke kanan: Novi Jayanti-Audrey Cecillia- Catherine Valencia-Yulia-
Novitarina-Tia Septiani-Sri Esta Gunawan-Daniel Gunawan
CB-Professional Development merupakan salah satu rangkaian mata kuliah Character Building di BINUS University. Sesuai dengan namanya “Professional Development”,  aktivitas kami kali ini pun membutuhkan sikap professional, salah satunya adalah tanggung jawab. Pada kesempatan kali ini, kami diberikan tanggung jawab untuk melakukan pendataan Kartu Jakarta Pintar (KJP) serta data 8355 (data atas penerimaan peserta didik baru) yang merupakan kerja sama antara PemProv DKI Jakarta dengan BINUS University.
Kamis, 8 Oktober 2015 akhirnya kami menjalankan tanggung jawab kami untuk pertama kalinya yaitu mengunjungi SDN Duri Kepa 13 Pagi untuk melakukan pendataan KJP dan 8355. Tentunya sebelum berangkat ke SDN Duri Kepa 13 Pagi, jauh-jauh hari kami telah melakukan persiapan. Persiapan yang kami lakukan contohnya adalah dengan menghubungi pihak sekolah untuk menanyakan tentang ketersediaan waktu dari pihak sekolah. Kami menghubungi pihak sekolah pada hari Selasa, 6 Oktober 2015 dan disambut baik oleh pihak sekolah yang menyanggupi untuk menerima kedatangan kami pada hari Kamis pukul 09.00.
Selain menghubungi pihak sekolah, persiapan lain yang kami lakukan adalah mengecek kelengkapan dokumen seperti lembaran kuisioner yang cukup untuk peserta didik yang akan kami interview perihal KJP, daftar pertanyaan perihal 8355, form-form evaluasi kegiatan dan persiapan secara pribadi untuk me-review pertanyaan yang akan kami tanyakan. Setelah semuanya siap, kami berjanji untuk berkumpul di BINUS University pada pukul 07.30 mengingat kami berjanji untuk tiba di sekolah pukul 09.00.
Namun ternyata ada beberapa anggota kelompok kami yang terlambat dari waktu berkumpul yang telah ditentukan. Kami berusaha untuk menghubungi mereka dan ternyata mereka lupa bahwa hari itu kami berencana untuk pergi ke SDN Duri Kepa 13 Pagi. Dengan sikap professional, mereka tetap berusaha untuk datang walau agak terlambat. Kami yang sudah berada di BINUS menyempatkan waktu untuk menunggu mereka yang belum datang.
Waktu menunjukkan kira-kira pukul 08.00 kami merasa tidak sempat lagi menunggu karena rumah teman kami ini cukup jauh dan kami telah berjanji untuk tiba di sekolah pukul 09.00 maka dengan sikap professional dan tidak mau mengecewakan pihak sekolah kami memutuskan untuk berangkat terlebih dahulu dan meminta teman kami untuk menyusul langsung ke SDN Duri Kepa 13 Pagi. Perjalanan yang kami tempuh kurang lebih setengah jam untuk tiba di sekolah dengan rute jalan yang berputar-putar dan sesekali bertanya pada warga sekitar. Maklum ini kali pertama kami mengunjungi SDN Duri Kepa 13 Pagi, ternyata memang lokasinya tidak begitu jauh dari BINUS University yaitu di daerah komplek Villa Tomang Mas, hanya saja rute yang kami tempuh jadi lebih jauh dari yang seharusnya.
Kami tiba di SDN Duri Kepa 13 Pagi kurang lebih pukul 08.45, kami langsung masuk ke dalam sekolah dan mencoba bertanya pada pihak sekolah. Pertama kali kami bertanya pada seorang Bapak yang berada di dalam ruang TU, rupanya kami salah ruang karena ternyata itu ruang TU SDN 09 Pagi. Ternyata SDN Duri Kepa 13 Pagi bergabung dalam satu gedung bersama 2 sekolah lainnya dan ruang Kepala Sekolah SDN Duri Kepa 13 Pagi berada tidak jauh dari ruangan itu. Maka beranjaklah kami meninggalkan Bapak ini sembari mengucapkan maaf dan terima kasih karena sudah diberi tahu ruangan Kepala Sekolah SDN Duri Kepa 13 Pagi.
Sebelum masuk ruang Kepala Sekolah, kami  mengetok pintu yang terbuka sembari mengucapkan permisi kepada Bapak Kepala Sekolah yang ternyata berada di dalam ruangan. Bapak Kepala Sekolah menyambut kami dan mempersilahkan kami masuk dan kami pun mengutarakan maksud dan tujuan kami untuk datang ke SDN Duri Kepa 13 Pagi. Oleh Beliau, kami diarahkan untuk berbicara langsung dengan operator KJP sekaligus staff TU yaitu Bapak Cholid yang kebetulan berada di ruangan yang sama. Pak Cholid dengan ramah mempersilahkan kami duduk dan kami pun mulai mewawancarai Pak Cholid perihal pendataan 8355 tanpa membuang banyak waktu.
Sebenarnya kami ingin membagi kelompok menjadi 2, satu untuk melakukan interview terhadap data 8355 dan satu lagi untuk melakukan interview KJP ke anak-anak penerima KJP di SDN ini. Tapi ternyata saat kedatangan kami, anak-anak tersebut dalam masa ujian tengah semester sehingga pulang lebih cepat sesuai dengan jadwal ujian mereka. Sehingga, kami tidak dapat melakukan interview KJP pada hari itu. Hal ini menjadi suatu pembelajaran bagi kami bahwa lain kali selain menanyakan ketersediaan waktu dari pihak sekolah untuk menerima kami, kami juga harus menanyakan apakah anak-anak yang akan kami interview memiliki waktu untuk kami interview, apakah mereka sedang ujian, atau apakah jadwal mereka pulang berbentrokan dengan jadwal kedatangan kami, dsb.
Sekitar pukul 9.30 teman kami yang terlambat datang akhirnya tiba disekolah dan kami bersama-sama meng-interview Pak Cholid. Hari itu hanya 1 teman kami yang berhalangan untuk hadir dikarenakan dia kesiangan, kami baru dapat menghubunginya sekitar pukul 10.
Tidak ada kesulitan berarti dalam melakukan interview perihal 8355 karena Pak Cholid sendiri sangat kooperatif dan mengerti betul mengenai 8355 dan KJP, tidak sulit bagi kami dalam memahami penjelasan Beliau. Dalam Validasi 8355 ini kami merasa cukup puas dengan pelayanan yang dilakukan pihak sekolah, khususnya pak Cholid selaku operator KJP untuk sekolah ini. Pak Cholid sangat menyambut baik kedatangan kami dalam menjalankan tugas kami ini. Menurut kami, validasi 8355 ini menjadi lebih mudah karena adanya feedback yang baik dari pihak sekolah, dalam hal ini contohnya pihak sekolah yang bersedia menjawab pertanyaan yang kami utarakan dan bersedia memberikan data-data yang kami perlukan.
Kami sebagai tamu tentunya bersikap sopan kepada pihak sekolah, dan ternyata pihak sekolah pun ramah dan baik kepada kami. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada kesempatan kali ini kami hanya melakukan validasi 8355 dan belum bisa melakukan interview kepada para penerima KJP dikarenakan mereka sedang melakukan UTS. Karena tidak dapat melakukan interview terhadap penerima KJP, setelah melakukan validasi data 8355 secara professional kami langsung mengatur jadwal untuk kembali ke SDN 13 Duri Kepa dan melakukan interview terhadap penerima KJP. Pak Cholid sebagai operator sekolah menyanggupi untuk mempersiapkan anak-anak penerima KJP di minggu selanjutnya pada jam yang sama untuk kami interview.
Setelah mengatur waktu untuk interview penerima KJP, kami pamit pulang kepada Pak Cholid dan Bapak Kepala Sekolah. Namun sebelum pulang, kami ingin mengabadikan momen tersebut melalui sebuah foto di lapangan Sekolah SDN Duri Kepa 13 Pagi. Karena merasa sulit untuk foto sendiri, kami meminta bantuan kepada anak-anak yang sedang bermain di lapangan untuk membantu kami mengambil foto. Anak-anak disana cukup baik dan sopan bahkan mereka dengan semangat meminta untuk berfoto bersama kami dan mereka pun tersenyum dengan ceria. Setelah puas dengan hasil foto, kami mengucapkan terima kasih kepada anak-anak tersebut dan mulai berjalan pulang kembali menuju BINUS University.

Form Evaluasi 1
Form Evaluasi 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar