Jumat, 30 Oktober 2015

Pendataan data 8355 di SMK Negeri 54 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (Pertemuan 3)



                 













Kelas         : LA16
Dosen        : Tasman, S.Ag., M.Si (D5687)
Waktu       : Jumat, 23 Oktober 2015
Pukul         : 09.00 – 11.30 WIB
Lokasi       : SMK Negeri 54 Jakarta
                    Jl. Bendungan Jago No.53  
                    Kemayoran, Jakarta Pusat, 10650


Tim yang Hadir   :
Ketua                    : Audrey Cecillia         (1701298011)
Anggota                :
1.      Aditya Septiani Wiwoho                    (1701309431)
2.      Catherine Valencia                              (1701303402)
3.      Daniel                                                  (1701292954)
4.      Daniel Gunawan                                 (1701302482)
5.      Novi Jayanti                                        (1701295281)
6.      Novitarina                                           (1701328304)
7.      Sri Esta Gunawan                               (1701307666)
8.      Yulia                                                   (1701293635)

Tim yang tidak hadir :  -


(Dari kiri ke kanan)
Daniel Gunawan – Novitarina – Sri Esta Gunawan – Aditya Septiani – Audrey Cecillia – 
Pak Sahabat - Novi Jayanti – Yulia – Catherine Valencia - Daniel

CB-Professional Development merupakan salah satu rangkaian mata kuliah Character Building di BINUS University. Sesuai dengan namanya “Professional Development”,  aktivitas kami kali ini pun membutuhkan sikap professional, salah satunya adalah tanggung jawab. Pada kesempatan kali ini, kami diberikan tanggung jawab untuk melakukan pendataan Kartu Jakarta Pintar (KJP) serta data 8355 (data atas penerimaan peserta didik baru) yang merupakan kerja sama antara PemProv DKI Jakarta dengan BINUS University.

Persiapan yang kami lakukan untuk melaksanakan pendataan KJP dan  8355 di SMK Negeri 54 ini sudah cukup baik. Salah satu persiapan yang kami lakukan adalah menghubungi pihak sekolah. Pada awalnya, kami menghubungi pihak sekolah pada hari Jumat, 16 Oktober 2015 untuk melakukan kegiatan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2015. Namun setelah kami menghubungi pihak sekolah, ternyata sekolah hanya beroperasi pada hari Senin-Jumat. Sehingga kami memutuskan untuk mencari jadwal pada hari lain. Kemudian kami memutuskan untuk melakukan kegiatan pada 23 Oktober 2015 dan menghubungi pihak sekolah 2 hari sebelumnya.

Pada saat kami menghubungi pihak sekolah pada 16 Oktober kemarin, seperti biasanya kami menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan kami ke sekolah tersebut. Kami merasa pihak sekolah awalnya kurang mendukung kegiatan ini. Hal ini dapat kami nilai karena pihak sekolah menanyakan ada tidaknya surat pengantar dari dinas pemprov DKI Jakarta.  Setelah kami menyampaikan bahwa ada surat dari dinas, pihak sekolah langsung menyetujui namun terdengar sedikit terpaksa. Dalam matakuliah CB Professional Development yang menuntut kami untuk bersikap professional, maka kami menanggapinya dengan sikap sopan.

Pada hari Jumat, 23 Oktober 2015 kami berkumpul seperti biasa di Kampus Anggrek BINUS pada pagi hari. Kemudian kami bersama-sama berangkat menuju SMK Negeri 54 yang berada di Kemayoran, Jakarta Pusat. Perjalanan ini kami tempuh kurang lebih 1 jam dari kampus. Kami tidak terlalu merasa kesulitan untuk mencari lokasi SMK 54, namun memang setelah kami perhatikan, sekolah ini terletak agak jauh dari jalan raya utama.

Sesampainya di SMKN 54, kami langsung ditanya oleh satpam sekolah apakah kami sudah memiliki izin dengan pihak sekolah atau tidak, dan kami menjawab kami telah memiliki janji dengan Bapak Nana selaku Bidang Kurikulum. Kemudian kami mengisi daftar tamu, dan langsung diberikan arahan menuju ruang TU, dan ternyata kami diberikan informasi bahwa Pak Nana tidak ada ditempat dan sedang ada urusan diluar sekolah. Namun, Pak Nana telah memberikan pesan kepada Pak Sahabat selaku Wakil Kesiswaan untuk menggantikan beliau mengurus kedatangan kami. Kami merasa sangat merepotkan Pak Sahabat, kami langsung dipersilahkan untuk duduk dan disunguhi minuman. Setelah mendengar tujuan kedatangan kami, Pak Sahabat langsung dengan cekatan menyiapkan tempat duduk untuk interview pemegang KJP dan  data yang kami butuhkan.

Kelompok kami memiliki strategi untuk menyelesaikan kegiatan pendataan 8355 dan KJP dalam 1 hari. Strategi kami adalah dengan membagi 2 tim, yaitu tim interview KJP dan tim interview pihak sekolah. Strategi kami ini dibuat karena mempertimbangkan lokasi sekolah yang cukup jauh dari kampus dan jadwal kuliah kami yang mayoritas pagi-sore, kecuali hari sabtu. Seperti yang kita tahu, sekolah dimulai dari pagi, sehingga kami jarang mendapat kesempatan untuk pergi melakukan kegiatan ini, dan kebetulan pada hari itu adalah GSLC. Dengan cepat siswa pemegang KJP satu persatu masuk kedalam ruangan interview, dan kami pun langsung melakukan validasi 8355 dengan Pak Sahabat.

Kami memulai interview dengan Pak Sahabat. Pak Sahabat menyambut kami dan menjawab pertanyaan kami dengan baik dan atusias, sehingga kami pun bersemangat untuk bertanya-tanya. Kami merasa bersyukur dengan adanya Pak Sahabat yang mau membantu kami untuk melaksanakan kegiatan ini, sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Hal ini terlihat dari kebaikan Pak Sahabat yang mau repot-repot untuk mengurus semua kebutuhan kami, dari mencari peserta KJP sampai mencarikan data-data yang kami butuhkan dengan menghubungi pihak-pihak yang terkait. Beliau sangatlah baik karena mau membantu walau pun kurang mengetahui seluk beluk data-data yang kami perlukan.

Dari terlaksananya kegiatan ini hasil yang kami dapat adalah dalam CB Professional Development, kami harus tetap bersikap professional. Seperti saat kami menghadapi kesulitan kami harus membicarakan dengan kepala dingin antara satu sama lain. Selain itu, kami juga memiliki rasa tanggung jawab atas pekerjaan yang kami lakukan dan bersikap toleransi antara satu sama lain.

Perbaikan yang mungkin akan kami lakukan di kegiatan berikutnya adalah komunikasi antar anggota kelompok dengan lebih baik lagi, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi agar dapat membuat team yang lebih kompak lagi. Selain itu, kami akan menggunakan dan menerapkan hal-hal yang kami dapat dalam CB Professional Development untuk bersikap professional dalam setiap hal yang kami lakukan.
Form Evaluasi Kegiatan 1



Form Evaluasi Kegiatan 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar