Minggu, 15 November 2015

Pendataan KJP(Kartu Jakarta Pintar) di SMKN 54 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (Pertemuan 3)









Kelas         : LA16
Dosen        : Tasman, S.Ag., M.Si (D5687)
Waktu       : 23 Oktober 2015
Pukul         : 9.00-11.30
Lokasi       : Jl. Bend. Jago No.53
                    Kecamatan Kemayoran, Kelurahan Serdang
                    Jakarta Pusat, 10650


Tim yang Hadir   :
Ketua                    : Audrey Cecillia         (1701298011)
Anggota                :

1.      Aditya Septiani Wiwoho                    (1701309431)
2.      Catherine Valencia                              (1701303402)
3.      Daniel                                                  (1701292954)
4.      Daniel Gunawan                                 (1701302482)
5.      Novi Jayanti                                        (1701295281)
6.      Novitarina                                           (1701328304)
7.      Sri Esta Gunawan                               (1701307666)
8.      Yulia                                                   (1701293635)
Tim yang tidak hadir :  -

 
Dari kiri ke kanan
Daniel Gunawan - Novitarina - Sri Esta Gunawan - Tia Septiani - Audrey Cecillia -
kepala sekolah SMKN 54 - Novi Jayanti - Yulia - Catherine V. - Daniel 

Pada hari Jumat,23 Oktober 2015 kelompok kami melanjutkan project TFI untuk yang kedua kalinya setelah kami telah sukses menyelesaikan observasi dan interview yang pertama ke SDN Duri Kepa 13 sekarang adalah waktu untuk kami melakukan observasi ke SMK Negeri 54 Jakarta yang berlokasi di daerah Sunter-Kemayoran.

Kami mengawali perjalanan kami dengan berkumpul di Binus University sekitarPk 07:00 pagi dan setelah semua teman-teman yang lain telah lengkap kami segera pergi ke SMK yang dituju. Dikarenakan lokasi yang cukup jauh dari kampus dan juga posisi sekolah yang sedikit sulit untuk dijangkau kami menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam untuk tiba di SMKN 54. Setibanya disana kami segera bertemu dengan penjaga sekolah dan diarahkan keruang tunggu yang juga adalah ruang kesiswaan di sekolah tersebut. Tidak lama kemudian kami bertemu dengan bagian kesiswaan, Bapak Sahabat yang membantu kami selama kami mengerjakan project  TFi di SMKN 54  dan kami menjelaskan maksud kedatangan kami di sekolah tersebut. Setelah Bapak Sahabat memberikan izin, kami segera mewawancarai Bapak Sahabat mengenai proses pendistribusian KJP di sekolah tersebut.


Untuk lebih menghemat waktu, kami memutuskan untuk membagi proses wawancara menjadi dua tim. Tim Pertama akan mewawancarai Bapak Sahabat mengenai KJP secara lebih detail, sedangkan tim yang kedua bertugas mewawancarai peserta didik di SMKN 54 yang menerima KJP. Proses wawancara dengan Bapak Sahabat berlangsung dengan lancar tanpa kendala, namun kami menghadapi sedikit hambatan ketika tim kami mewawancarai siswa penerima KJP. Masalah yang terjadi adalah ada beberapa anak yang sulit dalam memberikan informasi yang kita butuhkan, banyak di antaranya yang sudah lupa informasi-informasi penting atau bahkan tidak tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tertentu seperti tanggal penerimaan KJP, harga-harga barang yang mereka beli dan toko tempat mereka membeli peralatan sekolah. Hal ini tidak menjadi masalah besar dalam proses wawancara kami namun saja data yang kami peroleh menjadi kurang detail dan akurat.


Kami membutukan waktu kuranglebih 2-3 jam untuk menyelesaikan wawancara KJP kepada 42 anak penerima KJP yang terdaftar di sekolah tersebut. Setelah menyelesaikan proses wawancara kepada anak-anak kami harus dengan cepat menyelesaikan hal lain untuk melengkapi project TFI kelompok kami di sekolah tersebut dikarenakan waktu sudah menunjukan pukul 11:30 dan disana mereka sudah bersiap untuk melakukan ibadah Sholat Jumat, setelah memastikan semua selesai dan tidak ada yang terlupa kami segera meminta foto bersama dengan Bapak Sahabat di halaman sekolah sebagai bukti bahwa kelompok kami sudah melalukan observasi dan wawancara di sekolah tersebut. Kami bersalam-salaman dengan Bapak Sahabat dan beberapa pihak sekolah lainnya mengucapakan terima kasih atas bantuan beliau dalam melakukan pendataan penerima KJP di SMKN 54 Jakarta


Kami simpulkan bahwa proses pendataan penerima KJP di sekolah tersebut berlangsung dengan lancar tanpa ada masalah yang berarti. Dari pihak sekolah maupun siswa disana juga sangat kooperatif dalam membantu kami memberikan data data yang kami butuhkan. Setelah menyelesaikan semua keperluan mengenai project TFI di sekolah tersebut kami segera meninggalkan sekolah tersebut dan kembali kerumah kami masing – masing.


Form Evaluasi1
Form Evaluasi 2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar