Jumat, 29 Mei 2015

CB Interpersonal Development Day 3 and 4


Nama : Sri Esta Gunawan

NIM : 1701307666

Kelas : LB01



Laporan :


Okee.. sekarang kita akan lanjut ke sesi ketiga dan keempat hehehee..
Setelah pertemuan 2 sesi lalu yang membahas Microsoft Word, kali ini di sesi ketiga dan keempat, kami akan mengajarkan dan membahas teantang microsoft Excel. Tentunya teman-teman yang telah mengenyam  pengetahuan akan teknologi mengetahui bahwa Microsoft Excel memiliki manfaat dan dapat membantu pekerjaan kita menjadi lebih efisien, dengan menggunakan rumus dan logika yang ada didalamnya.




Kalau teman-teman tau, banyak sekali yang dapat dilakukan oleh excel,yaitu menghitung total, rata-rata dalam sekali klik, sungguh sangat efisien.oleh karna itu, esta dan teman-teman lainnya akan mengajarkan rumus-rumus yang ada microsoft office kepada rekan-rekan guru.

Pada sesi ketiga ini pelatihan akan dibawakan oleh temen esta, yaitu Adhy. Nah di sesi ini Adhy mengajarkan tentang bagaimana cara mengatur panjang dan lebar cell, mengisi cell, mengedit dan menghapus, mencari rata-rata, mencari nilai maksimum dan minimum. Para gurupun mengikuti dengan seksama apa yang diajarkan oleh Adhy.

nah ini dia foto temen esta, Adhy yang sedang menjarkan cara membuat 
tabel didalam excel. maafkan bila fotonya gelap :(


Sungguh hal yang hebat dengan sebuah "klik" sebuah hasil telah ditunjukkan. Dibandingkan dengan harus menghitung secara manual yang membutuhkan waktu yang agak lama untuk mendapatkan hasil, belum lagi jika ada kesalahan manusia yang menyebabkan adanya hasil yang aneh. Bahkan salah satu dari guru berkata "Wuah enak yaa kalau mengerti teknologi, semuanya gampang".  Bahkan dihari ketiga pun para guru masih memiliki semangat untuk belajar. Luar Biasa... hehehe

Dihari keempat, masih membahas tentang microsoft Excel, para guru mulai berlatih membuat daftar nilai siswa dari Tugas, UTS, dan UAS. Dan di sesi kali ini, yang teman esta yang akan melatih para guru adalah Willvina. Mau tau willvina seperti apa ?? Yuk kita intipp !!

Nah ini dia Willvina yang sedang mengoperasikan Microsoft Excel

Seperti layaknya murid sekolahan, kami memberi tugas kepada bapak/ibu guru untuk membuat tabel daftar nilai siswa hehee.. Dan mereka mengerjakan lohh hehe hebaaat yaa... Di sesi keempat ini, kelompok esta membantu bapak/ibu guru untuk membuat daftar nilai siswa yang mereka ajar. Jika dilihat, bapak/ibu guru ini sangat tekun ketika sedang mengetik nama siswa/siswi-nya. Meskipun mereka mengetik nama siswa-siswinya huruf perhuruf. Setelah selesai mengentri nama siswa siswainya, bapak/ibu guru mulai memasukkan angka penilaian yang sudah mereka catat sebelumnya dikertas.

Ketika sedang mengentri nilai para siswanya, ada guru yang curhat mengenai siapa siswa/siswinya yang termasuk golongan pintar, biasa-biasa saja, atau lemah. Jika nilai yang ia entri bagus-bagus ia akan berkata "Ini anak nih pintar, kalau diajarkan ngertinya cepet....." masih banyak curahan hati guru-guru SDN 21 Palmerah yang kami dengar. Kadang dengan polosnya mereka cerita dengan ceplas-ceplos membuat kami merasa geli dan tertawa. Setelah selesai mengentri nilai bapak/ibu  guru akhirnya mencoba untuk menggunakan rumus seperti SUM, AVERAGE, MAXIMUM, MINIMINUM. Para bapak/ibu guru juga kami ajarkan untuk dapat mendrag beberapa cel, dan mengedit cell menjadi merge cell.

Ini dia foto para guru yang sedang belajar Microsoft Office !!

Dan hebatnya meskipun jam sudah menunjukkan jam 3 siang, masih ada beberapa guru yang tidak lepas dari laptopnya. Mereka berusaha untuk menyelesaikan daftar nilai siswa-siswi mereka kedalam Microsoft Excel. Dan senangnya para guru telah dapat menggunakan rumus sederhana dalam Microsoft Excel dan mengerti bagaimana mengoperasikannya. Yeaaay, hari ketiga dan keempat Sukses !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar