Selasa, 05 November 2013

Jadi Guru Les??? ehehee

Dah lama nih enggak nulis blog.. Ehe
Hari ini esta mau cerita tentang pekerjaan yang sedang esta jalankan saat ini.
Selain menjadi mahasiswa, esta lagi sibuk bekerja lho.. hebat kan..ehee
Salah satu pekerjaan yang esta jalanin saat ini adalah menjadi guru les.
Kenapa esta bisa jadi guru les?
Jadi gini ceritanya..

Sebelum masuk kuliah, kira-kira di bulan agustus. Disebuah tempat esta beribadah (vihara), tiba-tiba muncul seseorang perempuan yang menghampiri esta. Dan terjadilah sebuah percakapan.
Ibu : Esta, kamu kuliah dimana sekarang?
Esta: di Binus bu
Ibu : Oh di Binus, deket dong dari sini, eh, kamu mau gak jadi guru les ditempat saya?
Esta: (dengan hati yang senang dan melonjak" seperti mau terbang rasanya *agak lebay yaa)
         Oh jadi guru apa ya bu?
Ibu : Jadi guru matematika untuk anak SMP, mau gak?
Esta: Saya sih mau-mau aja bu
Ibu : Iya, soalnya saya liat kamu punya potensi matematika
Esta: (Gilaa!! ini esta rasanya dah mau terbang ! Sumpah disini esta gak bisa nahan kegeeran esta!!)
        Oh begitu bu (si ibu bisa aja nyari orang pinter macem esta wkwkwk)
Memang kalau orang baik, ada aja rejekinya wkwkwk. Begitulah awal terjadinya kenapa esta bisa kerja di tempat les.

Sesampainya dirumah esta langsung guling-gulingan dirumah, jingkrak-jingkrakan, karna saking senengnya dapat sebuah kerjaan dengan mudahnya. Enggak perlu bawa lamaran kerja, malah yang punya tempat les yang nawarin esta. ckckck. (Esta emang lu keren banget deh ta). Dirumah esta ngebayangin, gimana ya tempat lesnya, anak-anaknya gimana ya? GAJInya berapa ya? Tapi esta enggak peduli, karna esta dapet kerjaan!! Bisa nambah pengalaman, dan juga bisa nambahin riwayat hidup ehehee

Hari pertama kerja
Pas hari pertama kerja, esta gugupnya bukan main. Mikirin gimana esta ngajar nanti, aduh ckck. Pas pertama datang kesana esta kaget!!! Tau kenapa? Kalian pasti pernah les kan? Kalian pasti bisa membayangkan tempat les itu seperti apa kan ? Tingkat, banyak kelas,dll. Tapi disini berbeda, tempatnya agak kecil, ruang kelasnya pun hanya 4. Akhirnya gw punya pemikiran
 "ahh kayaknya gaji gw kecil dan kayaknya murid-muridnya biasa aja"

Kemudian mulai datang anak didik esta. Dimulai dengan Nikko, nikko ini anak kelas 4 sd, tapi dia belajarnya sama esta karna bareng kakanya irene kelas 2 SMP.
Esta : Oke, coba kakak liat bukunya ya..
Nikko: Ini kak ada PR, yang ini
Esta : (diam seribu bahasa!! Bahasa inggris? Bahasa inggris ?! Bahasa inggriisss di matematika!!!!) 
         oh ehmm..jadi gini nikko........ (*mengartikan teks dengan seluruh kemampuan esta ckck)

Oh Tuhan, kenapa enggak bilang ini tempat les, murid-muridnya LUAR BIASA semua!! Pake bahasa inggris semua. ckck saat itu esta mengalami tekanan batin luar biasa wkwkwkwk.

Oke ternyata tempat les dimana esta bekerja sekarang, 
adalah tempat murid-murid yang bersekolah dengan standard internasional. Luar biasaaa......

Pernah terjadi hal memalukan di tempat les. Tentu kalian tau matematika kelas 4 sd sangat mudah, hanya soal cerita yang kemudian di jadikan dalam bentuk matematika. Saat itu nikko bertanya pr pada esta. Soal cerita! panjang soalnya. Esta enggak bisa jawab!!! Ya ampun esta gak bisa jawab?????  Tau alasan kenapa esta enggak bisa jawab? Soalnya pake b.ingg! Udah begitu kata-katanya pun susah. Jadi karna enggak bisa mengartikan, esta pun enggak bisa menjawab pertanyaan itu ckckck. Dan akhirnya pun bertanya pada ibu vinni.

Tapi dari sini esta mulai mengembangkan kemampuan dan vocab b.ing yang esta punya. Dan sekarang estapun terbiasa dengan hal itu. Yaa, pada akhirnya esta selalu mendapat pelajaran yang berharga untuk esta. Oiya selain matematika, esta ngajarin fisika, dan biologi(tentu untuk bab yang mudah kalau biologi).

Esta pun menjalani pekerjaan dengan senang hati setiap hari, meskipun terasa lelah, dan menyita waktu. Bayangkan esta dari jam 7- 1 siang esta kuliah di Binus. Kemudian jam 3-7 malam esta ngajar. Padahal mulai ngajar jam setengah 5, tapi karna sekalian dekat dengan halte kalideres ya jadi enggak pulang deh. 
Jadi kalau esta liat, esta pergi jam setengah 6 pagi, sampai dirumah kembali jam 8 malam. Fuuh luar biasaa esta wkwkwk..

Oiya selain esta menemukan fakta unik tentang tempat dimana esta mengajar, ada satu fakta yang tidak kalah mengejutkan. Setelah seminggu mengajar disana esta baru tau bahwa iuran les perbulan mereka adalah Rp.500.000/bulan!! Sungguh harga yang fantastis untuk sebuah tempat les yang agak kecil ini. Kalian bisa bayangkan 500.000/anak.Sedangkan yang namanya tempat les itu lebih dari 30 anak. Bisa dibayangkan penghasilan perbuln berapa? 15.000.000/bulan. Dan yang lebih enaknya pengajar disana cuma ada 7 orang. Jadi gajinya juga agak besar disana. Memang benar jika pepatah bilang :

"Jangan menilai segala sesuatu hanya dari covernya saja"

Oiya pernah terlintas juga dipikiran esta, kalau iuran uang les mereka aja 500.000/bulan, terus uang sekolah mereka perbulan itu berapa???? Benar-benar luar biasa...

Karna itu esta sangat bersyukur bisa mengajar di tempat les ini. Esta juga bisa belajar banyak dari mereka. Jadi kita sama-sama menguntungkan. eheheee.. padahal banyak beban yang harus esta tanggung.. Tapi tetap harus tetap esta jalani dengan senyum!!

Oiya jangan lupa menunggu cerita esta tentang pengalaman esta mengajar, karna dijamin seru dan memberikan inspirasi yang luar biasa ahahahahaaa...









Tidak ada komentar:

Posting Komentar