Minggu, 15 September 2013

Tugas GSLC 1701307666_Sri Esta Gunawan_01PBZ

Setelah saya lulus dari SMAN 33 JAKARTA, saya melanjutkan sekolah saya ke Binus University. Tentunya sebagai mahasiswa baru, saya mengikuti kegiatan yang biasa di sebut ospek. Tetapi berbeda dengan universitas lainnya, universitas Binus ini membuat suatu program ospek, dimana dalam sebuah program ini, mahasiswa baru (buddy) diajak untuk lebih mengenal lingkungan Binus, tanpa adanya kekerasan sedikitpun. Program ini disebut sebagai FEP (Freshmen Enrichment Program). Program FEP ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Binus.

Program FEP yang saya sudah saya ikuti sampai sekarang ada 2. Yang pertama General Orientation (GO), dimana kita dikumpulkan bersama mahasiswa baru lainnya yang tidak sama jurusannya. General orientation ini berlangsung selama 1 minggu. Dan yang kedua ada Academic Orientation (AO), dimana kita dikumpulkan bersama mahasiswa baru lainnya yang 1 sama jurusannya.

Berbicara tentang General Orientation, banyak hal yang bisa saya dapatkan. Apa saja?
  1. Untuk pertama kalinya saya bisa tau dimana letak Kampus Syahdan, yang merupakan salah satu Kampus Binus yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya GO.  Karna sebelumnya saya hanya mengira universitas Binus hanya memiliki 1 kampus di Jakarta yaitu Anggrek. Tapi ternyata tidak, Binus memiliki 3 kampus yang berlokasi di Jakarta, yaitu Anggrek, Syahdan, dan Kijang
  2.  Membuat saya lebih akrab dengan mahasiswa baru lainnya. Karna dalam 1 minggu saya ditempatkan di tempat yang sama dengan mahasiswa baru lainnya sehingga dalam 1minggu itu, saya bisa mengenal mereka lebih baik. Dimulai dari perkenalan yang malu-malu, sampai bercerita tentang alasan mengapa mereka memilih Binus sebagai tempat untuk menuntut ilmu.
  3. Membuat saya lebih akrab dengan Buddy Coordinator (BC). Karna dalam 1 minggu itu, saya dan teman-teman saya yang tergabung dalam sebuah kelas yang bernama ABN21, dibimbing oleh kakak-kakak BC yang baik dan aktif. Selama masa GO berlangsung, banyak yang diajarkan oleh kakak-kakak BC ini, salah satunya adalah cara membaca kelas di kampus Syahdan dan Anggrek. Selain itu kakak-kakak BC ini juga yang membawakan materi proses apa saja yang akan kita lalui selama kuliah di Binus University.
  4. Membuat saya lebih memahami Aturan TataTertib Kehidupan di Binus Univerity. Pada saat GO berlangsung, saya dan mahasiswa baru lainnya (Buddy) mendapat sebuah materi tentang aturan-aturan yang berlaku di Binus University. Materi ini disampaikan oleh seorang dosen, yang bernama Elda. Bu Elda selain membawakan materi, beliau juga memberikan kami cara membaca shift kuliah.
  5. Membuat saya lebih tau tentang Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Binus University. Dalam 1 minggu acara GO ini berlangsung, terdapat sebuah sesi dimana kita akan dikenalkan secara dekat dengan HMJ dan UKM yang ada di Binus University. Sesi ini disebut sebagai Bunga Rampai, dan disesi ini seluruh mahasiswa baru dari berbagai ruangan kelas akan digabungkan menjadi satu ruangan di  auditorium. Dan di sanalah dimana masing-masing UKM mempromosikan UKM mereka dengan menampilkan sebuah pertunjukkan yang sangat bagus.
  6.  Membuat saya lebih mengenal apa itu Binusmaya. Binusmaya sendiri merupakan sebuah media yang berguna untuk menyampaikan informasi seputar masa perkuliahan di Binus University, dimulai dari jadwal kuliah, forum diskusi, mengunduh e-book, dll.

Setelah masa General Orientation selesai, mahasiswa baru akan mengikuti Academic Orientation. Academic Orientation ini berlangsung selama 2 minggu sebelum masa perkuliahan dimulai. Saya sendiri telah mengikuti AO selama 6 hari. Pada masa orientasi ini, mahasiswa akan diajak mengenal tentang apa yang akan mereka pelajari di semester 1. Saya sendiri berasal dari jurusan AK-SI (Akutansi dan Sistem Informasi). Selama masa Academic Orientation ini berlangsung, saya berkumpul di kelas bersama mahasiswa baru yang 1 jurusan dengan saya, yang nantinya akan menjadi teman tetap saya selama 5 tahun. Banyak sekali manfaat yang dapat kita dapat jika kita mengikuti Academic Orientation ini.

Pada hari pertama, terdapat sesi untuk saling mengenal satu sama lain. Dimana saya dengan teman-teman saya diajak bermain oleh kakak BC, dan pada permainan ini mengharuskan mahasiswa saling mengenal mahasiswa lainnya. Selain sesi mengenal satu sama lain, ada juga sesi materi yang dibawakan oleh kakak BC. Materi yang dibawakan berisi mengenai info perpustakaan di Binus University. Dan sesi terakhir yaitu sharing. Dimana saya dan teman-teman saya dibagi menjadi beberapa kelompok, dan di masing-masing kelompok ditempatkan 2 orang kakak BC yang berpengalaman sebagai mahasiswa Binus University untuk berbagi cerita dan pengalaman mereka sebagai mahasiswa Binus University. Di sesi ini, saya dan teman-teman saya lebih leluasa untuk menanyakan kegiatan kampus khususnya jurusan AK-SI.

Pada hari kedua, dimulailah pembawaan materi dari seorang dosen. Pada hari kedua ini, saya disuguhkan sebuah e-book, dan mendapat tugas untuk membuat mind mapping yang tepat dan cepat. Selain itu, kami juga mengisi waktu kami dengan bermain tebak nama, dan sharing. Sama dengan hari kedua, hari ketiga dan hari keempat ini juga diisi oleh seorang dosen. Di hari ketiga dan keempat ini kami membuat sebuah kelompok yang berisikan 5 anggota, yang nanti akan diberikan tugas dan pada akhirnya merka akan mempresentasikan hasil diskusi mereka.

Pada hari kelima, dijadwalkan bahwa akan diselenggarakan acara EXPO yang berlangsung selama 12 jam. Ternyata hari kelima ini diliburkan, dalam arti saya tidak harus masuk pada hari jumat. Dan sebagai gantinya, saya dan teman-teman saya diberi tugas untuk membuat ringkasan mengenai FEP yang telah kami ikuti sampai sekarang. Dimana pada awalnya ringkasan ini harus ditulis dalam sebuah blog binusian. Tetapi berhubung banyak kendala yang dihadapi, akhirnya tugas membuat ringkasan ini bisa ditulis dalam bentuk Ms. Word atau ditulis di blog pribadi. Selain tugas ringkasan, pada hari kelima ini juga diadakan acara kerohanian.

Pada hari keenam ini, untuk pertama kalinya saya dan teman-teman saya menunggu dosen untuk waktu yang cukup lama. Kami semua telah hadir di kelas sekitar jam 13.00 dan selama 1 jam kami telah menunggu dosen. Tapi ternyata dosen yang seharusnya datang, berhalangan untuk hadir. Dan sebagai gantinya, akan ada dosen pengganti yang menggantikan dosen yang berhalangan hadir. Akhirnya setelah 2 setengah jam menunggu, muncullah seorang pengganti dosen yang membawakan materi seputar SI.


Begitulah ringkasan saya mengenai apa saja yang saya dapat dari Freshmen Enrichment Program ini. Sangat menyenangkan, dan sangat membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar